Pemasaran industri
Pemasaran industri sering kita kenal juga dengan pemasaran industrial.
Dalam hal ini pemasaran industri berbeda dengan pemasaran produk konsumsi
terutama dalam hal penggunanan produk dan konsumen yang dituju, yang dimana
pemasaran industri ini lebih mengarahkan produknya pada perusahaan yang akan
menjual kembali produk tersebut, jadi perusahaan yang membeli produk tersebut
untuk membantu proses produksinya, dan lembaga atau organisasi yang membeli
produk untuk membantu kegiatan operasionalnya.
Dari penjelasan ini pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi
terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup
semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
Pasar Industri Vs Pasar konsumen
PEMASARAN
INDUSTRI mengarahkan produknya untuk perusahaan-perusahaan yang menjual
produknya kembali kepada orang lain, kepada lembaga-lembaga yang memutuhkannya
untuk keperluan proses produksi, atau kepada organisasi pemerintah untuk
membantu aktivitas mereka setiap hari. Jadi pemsaran industri tidak menunjukkan
produknya kepada konsumen akhir. Perusahaan-perusahaan yang membeli produk
industri mengadakan pertukaran secara rasionil. Mereka membeli barang dengan
memakai pertimbangan yang rasionil, ekonomis, dan menguntungkan
sedangkan
pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di
maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan
barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.
Perbedaan pemasaran industri dengan
pemasaran konsumen
·
Nilai volume penjualan untuk pemasaran industri lebih
besar, sedangkan untuk pemasaran konsumen lebih kecil.
·
Lokasi pasar untuk pemasaran industri lebih terkonsentrasi
secara geografis dan biasanya mengelompok dalam suatu wilayah, sedangkan untuk
pemasaran konsumen untuk lokasi pasar lebih tersebar.
·
Jumlah pembeli untuk pasar industri lebih sedikit
karena konsumen untuk pasar industri merupakan perusahaan industri yang
melakukan pembelian produk tergantung pembelian jumlah produk akhir, sedangkan
untuk pasar konsumen jumlah pembeli banyak karena pembeli dari pasar konsumen
itu individu atau rumah tangga untuk pemakaian pribadi.
·
Sifat pembelian untuk pasar industri lebih profesional
karena penjual dan pembeli sama-sama merupakan perusahaan industri, sedangkan
untuk pasar konsumen sifat pembelian lebih personal karena dilakukan oleh
individu atau rumah tangga.
·
Strategi harga umtuk pasar industri dengan cara negosiasi
dan penawaran, sedangkan pasar konsumen untuk strategi harga yaitu harga pabrik
dan HET
MENGETAHUI KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI DAN PASAR KONSUMEN
Ruang Lingkup Pemasaran Industri
Formulasi
strategi dan perencanaan pemasaran industri dimulai dengan suatu analisis
terhadap lingkungan yang selalu berubah, baik makro maupun mikro. Sistem
klasifisikasi barang/jasa akan memberikan gambaran bagaimana perencanaan dan
strategi pemasaran berbeda menurut kategori barang/jasa.
Manajemen
pemasaran industri berfungsi untuk menganalisis, merencanakan, melaksanakan, pengendalian
diri, dari setiap prodram yang telah direncanakan untuk menciptakan hubungan
baik yang saling menguntungkan.
Karakteristik Permintaan Industri
Ada empat karakteristik
Permintaan Industri adalah sebagai berikut :
Yang pertama
Permintaan Turunan, yang kedua Permintaan Gabungan, yang ketiga Permintaan
Produk Industri dapat Dikatakan Tidak Elastisitas, dan yang keempat Permintaan
Industri Cendrung Lebih Mudah Berubah
Sumber :
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
BalasHapusDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny