Minggu, 13 Oktober 2019

PEMASARAN INDUSTRI


Pemasaran industri
Pemasaran industri sering kita kenal juga dengan pemasaran industrial. Dalam hal ini pemasaran industri berbeda dengan pemasaran produk konsumsi terutama dalam hal penggunanan produk dan konsumen yang dituju, yang dimana pemasaran industri ini lebih mengarahkan produknya pada perusahaan yang akan menjual kembali produk tersebut, jadi perusahaan yang membeli produk tersebut untuk membantu proses produksinya, dan lembaga atau organisasi yang membeli produk untuk membantu kegiatan operasionalnya.
Dari penjelasan ini pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.

Pasar Industri Vs Pasar konsumen
PEMASARAN INDUSTRI mengarahkan produknya untuk perusahaan-perusahaan yang menjual produknya kembali kepada orang lain, kepada lembaga-lembaga yang memutuhkannya untuk keperluan proses produksi, atau kepada organisasi pemerintah untuk membantu aktivitas mereka setiap hari. Jadi pemsaran industri tidak menunjukkan produknya kepada konsumen akhir. Perusahaan-perusahaan yang membeli produk industri mengadakan pertukaran secara rasionil. Mereka membeli barang dengan memakai pertimbangan yang rasionil, ekonomis, dan menguntungkan
sedangkan pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.
       Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen
·      Nilai volume penjualan untuk pemasaran industri lebih besar, sedangkan untuk pemasaran konsumen lebih kecil.

·      Lokasi pasar untuk pemasaran industri lebih terkonsentrasi secara geografis dan biasanya mengelompok dalam suatu wilayah, sedangkan untuk pemasaran konsumen untuk lokasi pasar lebih tersebar.
·      Jumlah pembeli untuk pasar industri lebih sedikit karena konsumen untuk pasar industri merupakan perusahaan industri yang melakukan pembelian produk tergantung pembelian jumlah produk akhir, sedangkan untuk pasar konsumen jumlah pembeli banyak karena pembeli dari pasar konsumen itu individu atau rumah tangga untuk pemakaian pribadi.
·      Sifat pembelian untuk pasar industri lebih profesional karena penjual dan pembeli sama-sama merupakan perusahaan industri, sedangkan untuk pasar konsumen sifat pembelian lebih personal karena dilakukan oleh individu atau rumah tangga.
·      Strategi harga umtuk pasar industri dengan cara negosiasi dan penawaran, sedangkan pasar konsumen untuk strategi harga yaitu harga pabrik dan HET






MENGETAHUI  KARAKTERISTIK PASAR INDUSTRI DAN PASAR KONSUMEN

Ruang Lingkup Pemasaran Industri
Formulasi strategi dan perencanaan pemasaran industri dimulai dengan suatu analisis terhadap lingkungan yang selalu berubah, baik makro maupun mikro. Sistem klasifisikasi barang/jasa akan memberikan gambaran bagaimana perencanaan dan strategi pemasaran berbeda menurut kategori barang/jasa.

Manajemen pemasaran industri berfungsi untuk menganalisis, merencanakan, melaksanakan, pengendalian diri, dari setiap prodram yang telah direncanakan untuk menciptakan hubungan baik yang saling menguntungkan.

Karakteristik Permintaan Industri
Ada empat karakteristik Permintaan Industri adalah sebagai berikut :
Yang pertama Permintaan Turunan, yang kedua Permintaan Gabungan, yang ketiga Permintaan Produk Industri dapat Dikatakan Tidak Elastisitas, dan yang keempat Permintaan Industri Cendrung Lebih Mudah Berubah

Sumber :


1 komentar:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

Aspek Pengambilan Keputusan Keuangan terkait dengan Kurs Mata Uang Asing, serta kemungkinan Implikasi Bisnis yang terjadi akibat Fluktuasi Nilai Tukar

Sistem Keuangan Internasional Sistem keuangan internasional mulai dikenal pada tahun 1870, dimana saat itu emas merupakan standar dala...